Pentingnya Kritikan Seni Bagi Seniman Art Nau – Sebuah karya seni yang paling baik sekalipun tidak akan luput dari kekurangan. Kekurangan dari karya seni tersebut dihasilkan karena memang pekerja seni tersebut bukan berasal dari kalangan yang belajar secara intensif tentang karya seni. Akan tetapi bisa jadi pekerja seni tersebut merupakan seorang yang memang mencintai seni dan ingin menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup. Keindahan dari karya seni yang dihasilkan memang menjadi salah satu penentu utama dari pekerja seni dapat menarik perhatian para peminatnya. Kekurangan dalam karya seni menganggap bahwa kesempurnaan tidak akan mungkin bisa dicapai. Oleh karenanya peran penting seorang yang memahami tentang seni untuk memberikan sebuah masukan penting bagi pekerja seni atas karyanya.

Seseorang pekerja seni yang hanya manusia biasa tentu saja tidak akan luput dari yang namanya kekurangan. Kekurangan dalam bentuk apapun bisa saja terjadi ketika sebuah hasil karya seni dihasilkan oleh seorang seniman biasa, maka kekurangan pasti ada. Meskipun seorang seniman sudah berusaha semaksimal mungkin pasti ada saja kekurangan dari hasil karya seninya. Oleh karenanya seorang kritikus seni hadir untuk memberikan penilaian atas hasil kerja keras dari pekerja seni tersebut. Tanpa adanya kritikus senia, maka seorang seniman tidak akan dapat berkembang kemampuannya dalam menghasilkan sebuah karya seni. Seniman art nau juga memiliki kekurangan dalam berbagai hal. Termasuk juga hasil karyanya yang sudah dihasilkan.

Sebuah kritikan seni yang dilontarkan kepada para pekerja seni terutama untuk pekerja seni art nau memiliki nilai yang sangat berharga. Biasanya kritikus akan melontarkan kritik yang sifatnya membangun yang biasanya tidak terlihat oleh seniman pembuatnya. Kehadiran kritikus seni dimaksudkan untuk semakin menyempurnakan hasil karya seni dari seorang seniman yang ingin berhasil dalam karyanya. Meskipun sudah memiliki jam terbang tinggi, akan tetapi seorang seniman tetap memerlukan kritikan agar menyempurkan hasil karyanya agar lebih maksimal. Tanpa adanya kritikan, maka hasil dan kemampuan dari para pekerja seni tersebut tidak akan meningkat dan juga tidak akan mengalami perkembangan yang cukup signifikant.

Peranan kritikan bagi seniman art nau memberikan masukan atas apa yang dihasilkan. Terutama untuk memberikan penilaian secara objektif ketika berkarya seni. Tanpa penilaian obyektif maka keterampilan dan juga kemampuan para seniman tidak akan terasah dengan baik ketika menghasilkan sebuah karya seni. Kemampuan para pekerja seni harus terus ditingkatkan dengan adanya kritikan-kritikan yang sifatnya membangun untuk kebaikan. Kritikan tersebut dihasilkan dari proses pengamatan yang cukup panjang untuk benar-benar memberikan kesimpulan yang akurat tentang sebuah karya seni yang dihasilkan oleh pekerja seni. Oleh karenanya kritikan bagi pekerja seni merupakan tambang emas meskipun terkadang bentuknya cukup menyakitkan untuk kalangan pekerja yang tidak siap menerimanya.